© 2016. All right reserved.
IATPI – Penanggungjawab Pengendalian Pencemaran Udara.
12 November 2016  15:23:07

INFORMASI PENTING! Status IATPI sebagai LSK dalam Sertifikasi PPPU

Sehubungan dengan telah berakhirnya masa berlaku Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) menjadi Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) PPPU, maka dengan ini IATPI tidak dapat mengeluarkan/ menerbitkan serta memperpanjang sertifikat kompetensi PPPU terhitung dari berakhirnya masa berlaku IATPI menjadi LSK.

Adapun kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) mengenai sertifikasi kompetensi saat ini mengikuti skema yang ditetapkan pemerintah melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan teregistrasi di KLHK. Skema ini berbeda dari skema sebelumnya.

Saat ini IATPI belum menjadi LSP sesuai ketentuan dari BNSP tersebut. Untuk dapat mengikuti mekanisme BNSP perlu ditetapkan juga Standar Kompetensi Kerja Nesonal Indonesia (SKKNI) mengenai PPPU.

Adapun terkait permintaan uji di Lembaga Pelatihan, terhitung dari berakhirnya IATPI sebagai LSK, maka uji pada pelatihan PPPU di lembaga pelatihan akan berbentuk uji pengetahuan yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Peraturan Menteri KLH dan bukan berdasarkan SKKNI. Peserta yang lulus uji pengetahuan akan mendapatkan Ijasah Kelulusan. Ijasah kelulusan ini bukanmerupakan prasyarat Sertifikat Kompetensi namun bentuk pengakuan pengetahuan seseorang. Ijasah kelulusan dari IATPIbersama dengan sertifikat pelatihan dari Lembaga Pelatihan dapat menjadi pelengkap portofolio seseorang untuk pengajuan sertifikat kompetensi di LSP yang telah mendapat pengakuan dari BNSP dan teregistrasi di KLHK untuk melakukan sertifikasi PPPU.